Jumat, 08 Mei 2020

Mengenal SAGUSABLOG melalui Webinar HARDIKNAS

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020, di tengah kondisi Work from Home (WFH) karena Pandemi Covid-19 mendorong Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan (IGI Sulsel) untuk melaksanakan beragam kegiatan secara daring. Salah satu kegiatannya adalah webinar dengan materi : "Teacher Aide, Aplikasi Administrasi Guru".  Webinar ini diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 1 Mei 2020, Pukul 08.00 - 12.00 Wita. Narasumber webinar ini adalah Bapak Asmar Achmad (SMAN 17 Makassar) dan host oleh Ibu Umi Tira Lestari (SMK Ranti Mula Bogor).

Setelah pelaksanaan webinar, melalui grup telegram telah diumumkan kepada seluruh peserta webinar agar mendaftar menjadi anggota  Ikatan Guru Indonesia. Berdasarkan Informasi tersebut maka saya melakukan pendaftaran menjadi anggota Ikatan Guru Indonesia melalui website anggota IGI. Bagi teman-teman guru yang belum menjadi anggota IGI, dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti tutorial berikut ini :



Setelah saya telah terdaftar resmi menjadi anggota IGI, ternyata dalam member area terdapat menu info. Di menu info inilah saya membaca info mengenai "IGI Lahirkan Sistem Kepelatihan Manual". Dalam tulisan tersebut menginformasikan kegiatan terbaru IGI yang bisa diakses di website gurupembelajar, dimana website ini terintergrasi dengan keanggotaan IGI dalam membaca data keanggotaan resmi IGI, sehingga anggota IGI yang akan mengikuti kegiatan cukup dengan login menggunakan akun yang sama dengan sistem keanggotaan IGI.

Pada website gurupembelajar menginformasikan berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh IGI secara online. Salah satunya adalah SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Dasar dengan materi : 1). Membuat blog dengan blogger; 2). Mengganti dan mendesain template bawaan blogger; 3). Mendesain Header blog; 4). Mengelola dan Menghias Blog; 5). Membuat dan Mengelola Menu Blog; dan 6). Membuat dan mengelola soal online di google drive.
SAGUSABLOG merupakan salah satu kanal kegiatan Ikatan Guru Indonesia (IGI). SAGUSABLOG sangat bermanfaat dalam peningkatan kompetensi Guru Indonesia dalam pembuatan media pembelajaran berbasis Blog. Apabila semakin banyak Guru Indonesia yang menuangkan materi dan informasi-informasi bermanfaat di Blog Guru, maka internet akan semakin kaya dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia ke depannya.
  
Saya secara pribadi sangat bersyukur mengenal SAGUSABLOG dan bertemu dengan mentor yang hebat, Bapak Sodikin S., S.Ag.MA. dan Ibu Ani Asih, S.Pd serta bertemu dengan guru-guru hebat lainnya. Semoga setelah mengikuti materi dalam workshop online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Dasar, merupakan awal dalam membuat karya melalui media online, sehingga bias bermanfaat dalam pengembangan diri sendiri dan orang lain pada umumnya.

Ucapan terima kasih saya haturkan kepada Ikatan Guru Indonesia, gurupembelajar dan SAGUSABLOG, yang telah memfasilitasi terlaksananya workshop online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Dasar. Dan terima kasih kepada bapak dan ibu mentor yang hebat, serta guru-guru hebat yang tergabung dalam kelas 40Y orkshop online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Dasar. Marilah menjadi guru yang menebar manfaat di permukaan bumi ini.


“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).


    2 komentar:

    SOAL MENGENAL ANGKA 1 - 10

    Silahkan kalian kerjakan soal-soal berikut ini :